Tanda Dan Ciri-Ciri Kanker Otak

Ciri-ciri kanker otak pada umumnya belum banyak di ketahui oleh masyarakat luas. Kondisi tersebut menyebabkan gejala kanker ini kurang banyak di sadari oleh penderitanya pada saat awal pertumbuhannya. Terlepas dari berbagai bahaya yang mengintainya, tentu sepatutunya pengetahuan dini mengenai tanda dan ciri-ciri dari kanker ini cukup penting untuk di ketahui.

ciri-ciri kanker otakKanker otak adalah salah satu jenis tumor ganas yang menyerang bagian inti tubuh yaitu otak. Sama seperti pada kanker payudara dan jenis kanker lainya, kanker otak inipun bersifat berbahaya bahkan mematikan jika tidak segera mendapatkan penangan yang maksimal. Dan kurangnya sosialisasi akan penyakit yang satu ini menyebabkan kanker ini terdeteksi lambat pada penderitanya.

Untuk saat ini, penyebab

Tanda Ciri-ciri kanker otak stadium 1 hingga tadium akhir yang perlu anda waspadai

Menurut studi yang di lakukan di Departement Oncology BSMMU ( Bangabandhu Sheikh Mujib Medical University) yang mana merupakan salah satu universitas terkemuka di banglades, bahwasannya mereka menemukan setidaknya terdapat 16 tanda maupun gejala dari kanker otak staduim 1, satadium 2 hingga stadium 4  yang perlu di waspadai adalah sebagai berikut.

1. Sakit kepala

Ternyata tidak semua sakit kepala itu di kategorkan normal, melainkan juga bisa menjadi salah satu pertanda kanker otak. Bahkan sebanyak 38 orang dari 50 rspenponden sekitar 76%. Untuk cara membedakan dengan sakit kepala biasanya, di kutip dari cnn, Dr. Santiago Medina, co-director departement Radiology diviisi Neurology di rumah sakit anak miamai, terdapat spesifikasi khusus sakit kepala yang di akibatkan sebagai gejala sakit kepala yaitu:

– Sakit kepala tersebut baru bagi anda
– Sakit kepala di sertai dengan gejala lainnya seperti muntah mual dan pusing. Bahkan dapat di sertaijuga dengan kejang, kesulitan berbicara dan lainnya.
– Sakit kepala terjadi ketika bangun di pagi hari.
– Sakit kepala semakin menjadi-jadi dan bertahan lama hingga berbulan-bulan.

2. Perubahan mental

Sekitar 32 dari 50 penderita kanker atau tumor ganas di teliti mengalami perubahan metal yang cukup drastis setelah mengidap penyakit yang mematikan ini. Hal tersebut di karenakan kanker ini menyebabakan fungsi otak tidak berjalan secara normal  sehingga berdampak pada kesehatan mental. Adapun ciri-ciri perubahan metal yang dapat anda ketahui akibat kabnker otak ini adalah: kehilangan memory, ganguan konsentrasi, perubahan kepribadian, dan juga peningkatan intensitas tidur.

3. Muntah muntah

Adapun karakteristik muntah-muntah yang di sebabkan oleh gejala kanker otak adalah sering kali terjadi di pagi hari, secara tiba-tiba, cairan muntah agak tidak normal (agak berwarna hijau), dan adanya mual terlebih jika diikuti dengan tanda lainnya seperti sakit kepala. Untuk itu, anda perlu teliti dan cermati jika anda sering mengalami muntah, karena gejala ini pun masih samar dan cukup sulit untuk di bedakan dengan gejala lainnya.

4. Mengalami gangguan penglihatan

Penderita kanker otak pun juga sering kali mengalami gejala berupa gangguan penglihatan seperti melihat lampu seperti berkedip, penglihatan yang kabur, hanya mampu melihat lurus ke depan, kehilangan teks saat membaca serta gangguan mata lainnya yang tak lazim anda alami.

5. Kesulitan bergerak

Tumor yang terjadi pada otak[un akan membatasi fungsi otak normal manusia seperti halnya penggerak tubuh. Beberapa diantaranya seperti kehilangan keseimbangan tubuh, berjalan tidak seimbang, sering tersandung atau bersandar di dinding ketika berjalan serta sangat sulit untuk berkoordinasi ketika bergerak.

6. Mengalami kejang-kejang

Kejang juga bisa menjadi salah satu karakteristik atau ciri-ciri seorang mengidap kanker otak, yang mana gejala ni sering kali terjadi secara mendadak, diikuti dengan kehilangan kesadaran  pada tubuh, adanya kontraksi otot, menggigit lidah, tidak bernafas jangka pendek (30 menit) durasi kejang 3-4 menit dan lainnya.

7. Mengalami kebutaan

Selain mengangalami gangguan pada penglihatan, sekitar 10 dari 50 penderita tumor otak juga mengalami kebutaan saat terserang penyakit mematikan itu. Kebutaan ini sendiri bisa menjadi salah satu bukti bahwa kanker otak stadium lanjut  ketika sebagian besar tumor telah menjalar hingga menggaggu bagian mata.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi gejala lainnya yang dapat menyertai seperti halnya demensia, ketidaksadaran, gangguan kesadaran, turunnya berat badan, demam, rambut rontok, kehilangan sensasi, kehilangan nafsu makan, mengalami vertigo, kehilangan libido dan lainnya.

Meski begitu, berbagai gejala yang di alami oleh penderitanya akan berbeda beda tergantung dari pada jenis dan letak di otak bagaimana kanker atau tumor tersebut tumbuh.Karena sejatinya otak sendiri terdiri dari beebrapa bagian seperti lobus frontal, lobus temporal, lobus parietalis, lobus oksipital, cerebellum (otak belakang), saraf tulang belakang, batang otak, kelenjar di bawah otak, selaput otak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun untuk lebih memastikan kondisi anda, sebaiknya segera periksakan kondisi anda ke pusat kesehatan terdekat. Sehingga jika seandainya anda memang positif mengalami kanker otak, tindakan dan perawatan yang di lakukan dapat di esksekusi sedini mungkin untuk penyembuhan dan pencegahan perkembangan sel-sel kanker tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*