Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Di Leher

Teimakasih bagi anda yang telah berkunjung di thebesthealtcaretemplate.com. Pada kesempatan ini, saya akan memberikan suatu informasi yang masih berasala dari dunia kesehatan mengenai berbagai faktor penyebab pembengkakan kelenjar getah bening (lymphadenopathy), yang mungkin pernah atau sedang di alami oleh anda. Terkadang pembengkakan kelenjar getah bening juga dapat di alami oleh anak-anak bahkan bayi sekalipun. berbahayakah pembengkakan tersebut? untuk mengetahui lebih jelasnya, mari kita simak uraian berikut.

penyebab pembengkakan kelenjar getah beningKelenjar getah bening sendiri merupakan gumpalan jaringan dan merupakan tempat berkumpulnya banyak sel darah putih. Kelenjar ini tersebar di seluruh tubuh dan merupakan bagian yang sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh manusia.

Kelenjar yang satu ini bisa membengkak jika tubuh memeberikan respon terhadap infeksi ataupun peradangan. Kelenjar getah bening juga dapat membengkak dalam penyakit rhematoid arthritis dan juga kanker. Pembengkakan akan mereda seiring kondisi anda pulih dari penyakit tersebut.

Bagian tubuh yang kerap mengalami pembengkakn kelenjar getah bening adalah dagu, leher, ketiak, dan pangkal paha. Pembengkakan kelenjar getah bening yang di sebabkan oleh infeksi ringan, biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Namun apabila anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening yang di sertai dengan gejal berikut, anda harus sesegera mungkin memeriksakan diri anda ke dokter.

  • Kelenjar terasa keras saat di tekan.
  • kelenjar membengkak secara tiba-tiba, terutama ketika kondisi .anda sedang sehat
  • Kelenjar telah membengkak selama 2 minggu.
  • Anda mengalami demam yang tak kunjung embuh
  • Anda menagalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Anda mengalami sakit tenggorokan yang menyebabkan anda sulit untuk menelan dan bernafas.

Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening di leher

Penyebab dari pembengkakan kelenjar getah bening sendiri sangat beragam mulai dari infeksi yang ringan dan juga sampai gejala yang mematikan.

Infeksi lokal adalah salah satu penyebab kelenjar getah bening mengalami pembengkakan. Kelenjar yang membengkak di area tertentu biasanya terasa lunak dan juga bisa sakit. Infeksi jenis ini biasanya tidak bersifat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Contoh umum drai infeksi ini adalah infeksi telinga, abses gigi, pilek, radang pita suara, radang amandel, dan infeksi klit selulitis.

Selain di sebabkan karena infeksi lokal, pembengkakan kelenjar getih bening juga da[at di sebabkan oleh infeksi virus, Seperti campak jerman dan juda demam kelenjar.

Campak jerman di sebabkan oleh suatu virus yang bernama rubella. Virus tersebut biasnya menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher, kepala dan bagian belakang telinga. Sedangkan untuk kondisi demam kelenjar biasanya pembengkakan terjadi pada daerah leher.

Ada beberapa penyebab pembengkakan kelenjar getah bening yang jarang terjadi, di antaranya dalalah sebagai berikut.

  • Rhematoid arthritis. Kondisi tersebut diakibatkan di serangnya jaringan yang melapisi sendi oleh sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini terkadang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening di sekitar persendian tersebut.
  • Campak. Kondisi yang menyebabkan bermunculan bintik-bintik berwarna merah atau coklat tersebut juga, terkadang menyebabkan kelenjar getah bening mengalami pembengkakan.
  • Penyakit lupus. Merupakan kondisi ketika sistem kekbalan tubuh berbalik menyerang sendi, organ, kulit, dan sel darah, sehingga menimbulakan rasa nyeri, lelah, ruam di kulit sampai pembengkakan kelenjar getah bening.

Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening yang tergolong berbahaya

Selain pembengkakan kelenjar getah bening yang bersifat tidak berbahaya, ada juga pembengkakan kelenjar getah bening yang menjadi gejala penyakit yang serius, seperti penyebaran kanker dari organ atau jaringan ke kelenjar getah bening.Tanda-tanda kanker penyebab suatu pembengkakan adalah :

  • Benjolan tidak menimbulkan rasa sakit, dan ketika di sentuh terasa keras.
  • Benjolan secara perlahan mengalami pembesaran.

Selain kanker, infeksi darah juga merupakan salah satu kondisi yang berbahaya yang dapat menimbulkan adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening. infeksi darah tersebut disebabkan oleh bakteri yang menyerang darah. Gejala yang di derita oleh penderita infeksi darah adalah mengalami demam yang di sertai tubuh menggigil, penderita akan terlihat sakit dan lemas.

Pengobatan pembengkakan kelenjar getah bening

Jika anda kini mengalami pembengkakan kelenjar getah bening yang di sertai dengan gejala-gejala yang mencurigakan, sebaiknya pengobatan segera di lakukan. Selain pengobatan secara medis, anda juga bisa mengobatinya dengan alternatif bahan alami, yang salah satunya adalah dengan menggunakan ramuan ekstrak teripang emas yang telah di kemas dalam botol plastik, yang di berinama QnC Jelly Gamat. Untuk informasi selengkapnya, anda bisa mengklik -> DI SINI.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, seputar penyebab pembengkakan kelenjar getah bening di leher. Semoga apa yangkami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*