Penyebab Dan Penanganan Benjolan Di Ketiak

Penyebab Dan Penanganan Benjolan di ketiak -, Selamat bergabung bagi anda yang telah mengunjungi website kami. Kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan mengenai penyebab dan penanganan benjolan di ketiak. Yang dimana benjolan tersebut berupa benjolan kecil yang terletak pada bawah ketiak.

Penyebab Dan Penanganan Benjolan di ketiak
Penyebab dan penanganan benjolan di ketiak

Mungkin anda bertanya-tanya atau anda pernah merasakan munculnya benjolan di ketiak? apakah kondisi itu membahayakan untuk diri anda? kondisi tersebut bisa terjadi baik pada wanita maupun pria, karena hal tersebut dapat di sebabkan oleh banyak hal, mulai dari gangguan ringan hingga penyakit yang menyeramkan. Namun umumnya benjolan di ketiak sering di kaitkan dengan dengan membengkaknya kelenjar getah bening yang terletek di ketiak sebelah kanan ataupun kiri. Kelenjar getah bening sendiri merupakan bagian dari sistem limfatik yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh dari serangan infeksi, tetapi jika terdapat pertumbuhan abnormal pada sistem tersebut, maka dapat memicu penyakit kanker. Itulah sebabnya pembengkakan getah bening menjadi gejala adanya proses infeksi ataupun terjadinya kanker.

Baca juga: Penyebab Dan Resiko Penyakit Limfoma

Penyebab dan penanganan benjolan di ketiak

Tidak semuanya benjolan yang terletak di ketiak di diagnosis sebagai gejala kanker. Untuk itu, benjolan di ketiak dapat disebabkan oleh gangguan ringan dan dapat di sebabkan sebagai gejala penyakit serius. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa penyebab munculnya benjolan di ketiak.

:: Benjolan di ketiak akibat gangguan ringan

Benjolan di ketiak tidak di anggap berbahaya jika di sebabkan oleh gangguan ringan, di antaranya :

  • kista
  • Iritasi
  • Infeksi bakteri
  • Skin tag (sejenis kutil)
  • alergi akibat penggunaan deodoran atau alat cukur

Selain itu, benjolan di ketiak tidak di anggap tidak berbahaya ketika terjadi pada perempuan yang sedang mengalami datang bulan. Itu merupakan hal yang normal dan akan mereda dengan sendirinya sehingga tidak memerlukan penanganan husus.

:: Benjolan di ketiak sebagai gejala penyakit serius

Jika benjolan tidak kunjung hilang atau terasa sakit, anda garus sesegera mungkin memeriksakan kondisi tersebut ke dokter. Karena pada sebagia kasus, benjolan pada ketiak bisa di jadikan kondisi yang serius, di antaranya :

  • Infeksi virus. Benjolan di ketiak dapat di sebabkan karena terinfeksi virus seperti AIDS, herpes zoster, atau cacar air.
  • Reaksi negatif terhadap vaksinasi.
  • Pertumbuhan abnormal jaringan fibrosa (fibroadenoma)
  • Kanker payudara
  • Kanker sistem getah bening (limfoma)
  • Kanker darah pada sumsum tulang (leukimia)

Sebelum mendiagnosis secara pasti, dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti perubahan yang terjadi dan adakah rasa sakit yang di rasakan. Dan kemudian akan memijat bejolan tersebut secara perlahan. Jika di anggap memerlukan pemeriksaaan yang lebih lanjut maka dokter akan merekomendasikan penanganan yang lebih lanjut, seperti :

  • Cek darah lengkap untuk memeriksa kadar sel darah putih dan sel darah merah dalam tubuh.
  • Tes alergi.
  • Mamogram yang berfungsi untuk melihat benjolan dengan lebih seksama.
  • Biopsi (pengambilan sampel dari jaringan benjolan untuk di perika lebih lanjut).

Penanganan benjolan di ketiak

Selain dengan pengobatan benjolan pada ketiak secara alami bisa di lakukan, Namun pengobatan medispun sama baiknya dan andapun mengetahui diagnosis secara pasti mengenai benjolan di ketiak yang anda derita. Pada umumnya, penanganan benjolan di ketiak di lakukan berdasarkan faktor penyebabnya.

Jika penyebabnya akibat gangguan ringan, seperti terkena infeksi virus atau fibroadonema, maka cara mengatasinya dengan meminum obat pereda nyeri dan dan mengompresnya dengan air hangat, sehingga  kenyamanan andapun tidak terganggu lagi. Biasanya benjolan akibat infeksi akan mengecil dan hilang dengan sendirinya. kecuali benjolan yang di sebabkan oleh lipomas, benjolannya akan tetap ada namun bersifat tidak berbahaya.

Antibiotikpun dapat di jadikan salah satu pilihan cara mengatasi benjolan, jika benjolan tersebut di akibatkan oleh infeksi bakteri. Namun jika penyebabnya Karena alergi, maka hindarilah penggunaan benda-benda yang menyebabkan alergi, seperti krim deodoran atau alat cukur.

Jika benjolan berupa gejala yang di akibatkan karena penyakit yang berbahaya, maka cara menanganinya dengan melakukan beberapa metode, diantaranya : operasi, terapi radiasi dan kemoterapi

Untuk itu, waspadai benjolan yang muncul pada ketiak sejak dini dengan selalu melakukan pemeriksaan di rumah. da segeralah berkonsultasi dengan dokter jika menemukan sesuatu yang ganjal pada tubuh anda agar dapat di dignosis dengan cepat.

Posted by:http://thebesthealthcaretemplate.com/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*