Penyebab Dan Gejala Kanker Kulit Melanoma

Penyebab dan gejala kanker kulit melanoma -, Terimakasih bagi anda yang telah bekunjung kembali di website ini. Pada kesempatan ini kami iakan memberikan suatu informasi dari dunia kesehatan mengenai jenis kanker yang paling umum ke-19 di dunia yaitu Kanker kulit melanoma yang akan kami bahas selengkap-lengkpanya hanya untuk anda.

penyebab dan gejala kanker kulit melanoma
Penyebab Dan Gejala Kanker Kulit Melanoma

Kanker kulit melanoma merupakan salah satu jenis kanker yang jarang dan gawat yang di mulai dari tubuh manusia dan jika tidak di tangani dengan segera maka akan menyebar ke organ tubuh yang lain.

Untuk menambah lagi wawasan dan pengetahuan kita mengenai kanker kulit melanoma, mari kita simak uraian berikut mengenai penyebab dan gejala kanker kulit melanoma yang sering terjadi pada penderitanya.

Penyebab dan gejala kanker kulit melanoma

Sampai saat ini penyebab kanker melanoma belum di ketahui secara pasti, Namun dalam beberapa kasus, melanoma di sebabkan oleh paparan sinar ultraviolet. Terlalu lama terpapar sinar matahari bukanlah satu-satunya penyebab dari kanker ini. Karena masih banyak lagi penyebab yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Baca juga: Mencegah Terkena Resiko Kanker Payudara

Ada juga beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko terkena melanoma, sehingga kulit anda menjadi lebihsensitif terhadap dampakburuk dari sinar matahari. Faktor-faktor tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Memiliki banyak tahi lalat.
  • Memiliki banyak bintk-bintik.
  • Kulit pucat dan mudah terbakar serta sulit untuk menjadi hitam.
  • Usia.
  • Mengalamikonis yang menyebabkan menurunnya sistem kekebaan tubuh, seperti HIV.
  • Ada anggota keluarga yang mengidap melanoma.

Gejala kanker kulit melanoma

Gejala melanoma yang paling umum terjadi adalah kemunculan tahi lalat yang baru atau adanya perubahan pada tahi lalat yang sudah ada. Hal tersebut bisa muncul pada bagian tubuh yang mana saja, namun ada beberapa bagian tubuh yang sering terkena kemunculannya, di antaranya adalah :

  • Wajah
  • Tangan
  • Punggung
  • Kaki

Tahi lalat yang terserang melanoma ini dapat di bedakan dari ukuran, bentuk, dan lebih dari satu warna. Biasanya ukuran tahi lalat melebihi ukuran tahi lalat yang normal. Selain itu, tahi lalat yang terserang melanoma terasa gatal dan bisa mengalami pendarahan. Sedangkan, tahi lalat yang normal biasanya satu warna, bentuknya bulat atau oval, dan diameternya kurang dari 6 mm.

Ada juga cara yang bisa di lakukan untuk mengetahui cara membedakan tahi lalat normal dan juga melanoma, Yaitu dengan daftar ABCE:

Penyebab Dan Gejala Kanker Kulit Melanoma
Penyebab Dan Gejala Kanker Kulit Melanoma
  • A (assymmetrycal) asimetris: melanoma memiliki bentuk yang tidak beraturan dan tidak bisa di bagi dua sama rata.
  • B (border) pinggiran: melanoma memiliki pinggira yang tidak rata dan juga kasar yang bebbeda dengan tahi lalat normal.
  • C (colour) warna: melanoma biasanya campuran dari dua atau tiga warna.
  • E (enlargement or evolution) pembesaran atau evolusi: tahi lalat yang berubah bentuk dan ukuran setelah beberapa lama biasanya akan menjadi melanoma.

Apabila anda menemukan sesuatu yang ganjal pada tahi lalat anda, atau anda mengalami beberapa gejla yang sudah di uraikan di atas, anda bisa sesegera mungkin memeriksakan diri anada ke dokter, agar dapar mengetahui secara pasti apakah gejala yang anda alami merupakan gejala melanoma atau bukan. Karena pengobatan dini akan membantu proses penyembuhan semakin cepat.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab dan gejala kanker kulit melanoma pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Selamat berjumpa kembali pada artikel yang berikutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*