Penyebab Benjolan Di payudara Pada Ibu Menyusui

Penyebab benjolan di payudara pada ibu menyusui masih simpang siur sekaligus menjadi tanda tanya di sebagian para ibu yang mengalami kondisi ini. Apakah itu berbahaya? apakah itu kanker payudara atau bukan? untuk mengetahui jawabannya anda langsung menyimak informasi berikut ini.

penyebab benjolan di payudara pada ibu menyusuiMenyusui adalah salah satu momen luar biasa bagi wanita setelah melahirkan. Namun, pada sebagain ibu yang kini tengah menikmati fase menyusui, mereka sering kali di hantui dengan rasa khawatir yang berlebihan saat mendapati adanya suatu bejolan yang terdapat di payudara mereka, yang pada umumnya benjolan tersebut memiliki ukuran sebesar kelereng, kemerahan dan terasa sakit. Mereka sering kali khawatir bahwasannya itu adalah sebuah gejala awal dari kanker payudara. Namun, pada kebanyakan kasus kondisi ini sering kali di sebabkan oleh penyumbatan saluran ASI.

Penyebab benjolan di payudara pada ibu menyusui

Adapun penyebab benjolan di payudara ibu menyusipun sering kali dui sebabakan oleh beberapa faktor berikut:

1. Radang kelenjar susu (mastitis). Pada kondisi ini biasanya terdapat gejala seperti gumpalan  (teraba sebagai benjolan), yang terasa nyeri, kulit kemerahan, demam, nyeri pada payudara yang juga di sertai dengan keluarnya nanah serta darah dari puting susu.

2. Galaktokel. Adalah jenis kista dengan gejala tampak rata, benjolan dapat di gerakan, meski terkadang juga keras dan sulit untuk di gerakan, yang pada umumnya benjolannya sendiri di sebabkan oleh tersumbatnya saluran susu. kondsi ini sering kali di alami wanita hamil maupun menyusui. Kista sendiri merupakan  ruang yang berisikan cairan yang berasal dari kelenjar payudara di batasi oleh sel-sel. Dan seperti jenis kista lainnya, galaktokel sendiri tidak bersifat sebagai kanker.

3. Dan masih banyak lagi yang lainnya seperti diantaranya tumor jinak dan lainnya.

Apabila yang terjadi di sebabkan oleh sumbatan saluran air susu yang tidak di sertai dengan infeksi, maka anda bisa melanjutkan memberikan ASI baik dengan payudara kanan maupun kiri sembari anda memijat payudara secara perlahan ke arah puting dengan gerakan memutar menggunakan minyak bayi, agar air susu tidak menggumpal. Atau andapun dapat sembari mengkompresnya dengan menggunakan air hangat.

Namun apabila jika payudara anda malah bertambah sakit dan bahkan di sertai dengan pembengkakan, maka terdapat kemungkinan besar anda mengalami mastitis. Untuk mengatasinya anda bisa meminta resep antibiotik yang aman untuk mengurangi bengkaknya. Dan selama itu, anda tidak di anjurkan untuk memberikan ASI pada sang bayi karena adanya luka pada puting ataupun terjadinya gumpalan cairan susu akibat tidak rajin melakukan massage (pijatan).

Baca juga: Perbedaan benjolan di payudara akibat kanker dan non kanker

Apabila kondisi anda tidak mengalami pembaikan, maka ada baiknya untuk mencari obat benjolan di payudara yang alami atau segera memeriksakannya ke dokter untuk pemeriksaan dan perawatan selengkapnya. Selain itu, pemeriksaan secara langsungpun merupakan penunjang di tegakannya diagnosis yang tepat dan juga untuk menentukan jenis pengobatan yang tepat.

| Penyebab Benjolan Di Payudara Pada Ibu Menyusui

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*