5 Penyebab Benjolan Di Kepala Bagian Belakang Dan Mengatasinya

Penyebab benjolan di kepala -, Ada bermacam-macam jenis sakit kepala itu, ada yang sampai timbul benjolan rasa sakit maupun tidak. Keberadaan benjolan dibagian kepala tentu aja dapat menimbulkan kekhawatiran, termasuk munculnya benjolan dibagian belakang. Selain mengganggu keberadaan benjolan ini dikhawatirkan merupakan suatu keadaan yang serius. Sebenarnya banyak kemungkinan yang menjadi penyebab munculnya benjolan dikepala ini.

Penyebab benjolan di kepala bagian belakang

Benjolan kepala yang disebabkan oleh cedera biasanya dapat menghilang sendirinya, untuk benjolan kepala yang bertahan agak lama mungkin disebabkan oleh penyebab lain. Apabila benjolan di kepala menimbulkan gejala lain yang mengganggu kondisi kesehatan, kepala anda sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter.

5 Penyebab benjolan di kepala bagian belakang dan cara mengatasinya

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan benjolan yang ada di kepala belakang berdasarkan penyebabnya :

1. Kanker pada kepala

Keberadaan benjolan dibagian kepala anda mungkin saja disebabkan oleh penyebab yang cukup serius seperti kanker otak. Sel-sel ganas yang membelah dan tumbuh tidak terkendali dapat menyebabkan kanker di kepala sehingga menyebabkan munculnya benjolan pada kepala. Sel-sel tersebut bisa berasal dari tulang rawan, sel tulang, sel darah putih ataupun sel-sel lainnya yang tumbuh tidak terkendali. Kanker merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya, gejala yang ditimbulkan akibat kanker ini berbeda-beda. Beberapa gejala yang mungkin muncul adalah kelelahan yang berlebihan, gangguan penglihatan , serta gangguan motorik lainnya.

Cara mengatasi :

Kanker merupakan jenis penyakit yang harus segera ditangani, kanker ini jenis penyakit yang sangat berbahaya yang dapat merenggut nyawa seseorang. Penyakit ini membutuhkan penanganan khusus dari dokter, biasanya dilakukan tindakan pembedahan untuk mengangkat sel-sel kanker. Kemudian pengobatan dilanjutkan dengan radioterapi atau kemoterapi.

2. Kista ateroma

Kista merupakan kantung tertutup yang memiliki selaput yang berada dibawah kulit, kista ateroma biasanya menyerang daerah wajah, kulit kepala, leher, serta lengan. Benjolan yang muncul disebabkan karena adanya penyumbatan pada kelenjar keringat ataupun folikel rambut.

Cara mengatasi :

Apabila kista ini menimbulkan ketidaknyamanan serta gangguan kesehatan maka perlu dilakukan langkah penanganan, dan apabila terjadi pembengkakan pada kista yang disertai rasa sakit, kita bisa menaruh kompres pada daerah tubuh yang terkena kista. Hindari memencet kista, apabila kista ateroma ini menyebabkan peradangan maka sebaiknya segera hubungi dokter. Langkah yang mungkin dilakukan untuk menangani kista ini adalah suntik steroid ataupun menghilangkan kista dengan laser.

3. Lipoma

Lipoma adalah lapisan lemak yang secara bertahap tumbuh dibawah kulit, tepatnya diantara kulit dan lapisan otot. Benjolan dibelakang kepala yang disebabkan oleh lipoma akan terasa lunak dan lembut saat ditekan. Pada umumnya benjolan yang disebabkan oleh lipoma ini tidak menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit akan muncul apabila lipoma menekan saraf, lipoma merupakan jenis tumor yang tumbuh lambat dan tidak berbahaya. Lipoma biasanya lebih sering ditemukan dilengan bawah, kaki, punggung dan leher.

Cara mengatasi :

Lipoma biasanya jarang menimbulkan bahaya, sehingga tidak memerlukan penanganan khusus. Akan tetapi, apabila keberadaan lipoma ini dirasa mengganggu dan menimbulkan rasa sakit, ada beberapa langkah penanganan yang bisa dilakukan. Lipoma ini bisa dihilangkan dengan jalan sedot lemak ataupun suntik steroid. Namun, hal ini biasanya tidak menghilangkan lipoma secara total. Agar lipoma hilang secara total dan tidak kembali, maka anda bisa memilih langkah operasi pengangkatan lipoma.

4. Folikulitis

Folikulitis merupakan peradangan yang terjaid pada folikel rambut, folikel rambut adalah daerah dimana rambut tumbuh. Kondisi ini menyebabkan munculnya benjolan kecil dikulit kepala, folikulitis ini bisa terjadi karena adanya infeksi ataupun iritasi bahan kimia. Staphylococcus diduga menjadi penyebab utama penyakit ini, umumnya folikulitis ditemukan di wilayah dengan iklim tropis. Kelainan kulit ini sering terjadi pada anak-anak, benjolan merah yang muncul biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman karena disertai rasa gatal dan nyeri.

5. Trauma kepala

Trauma kepala atau cedera kepala yang diakibatkan oleh benturan atau pukulan pada kepala dapat menyebabkan munculnya benjolan pada kepala. Untuk kasus yang tidak serius, benjolan yang muncul akibat cedera kepala ini dapat menghilang dengan sendirinya dalam 2 hari sampai 3 hari. Benjolan pada kepala yang disebabkan oleh benturan atau pukulan ringan tidak perlu anda khawatirkan karena akan menghilang dengan sendirinya.

Akan tetapi, jika benturan atau pukulan cukup keras ataupun ringan apabila menyebabkan munculnya gejala lanjutan maka anda segera memeriksakannya ke dokter. Apabila cedera pada kepala cukup serius maka anda harus mewaspadai kemungkinan terjadinya gegar otak ataupun pendarahan dikepala. Gegar otak perlu waktu yang lama untuk kemungkinan bisa sembuh, tergantung seberapa parahnya.

Cara mengatasi :

Untuk kasus yang ringan, benjolan pada kepala akan menghilang dengan sendirinya jadi tidak perlu dilakukan penanganan khusus. Anda bisa menggunakan kompres dikepala apabila dibutuhkan serta beristirahatlah yang cukup. Akan tetapi apabila muncul gejala lanjutan seperti pusing, mual, lebam atau tampak kebingungan maka lebih baik anda segera memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui kondisi sebenarnya.

Demikian pembahasan yang kami jelaskan ini mengenai tentang penyebab benjolan di kepala bagian belakang. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*