Pengobatan Dan Pencegahan Kanker Kulit Melanoma

Pengobatan dan pencegahan kanker kulit melanoma -, Selamat bergabung kembali bersama kami di situs thebesthealthcaretemplate.com. Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai penyebab dan gejala Kanker kulit melanoma,  kali ini akan  kami akan memberikan informasi masih dari dunia kesehatan mengenai Pengobatan dan pencegahan kanker kulit melanoma, yang akan kami bahas selengkap-lengkapnya hanya untuk anda.

pengobatan dan pencegahan kanker kulit melanoma
pengobatan dan pencegahan kanker kulit melanoma

Kanker kulit melanoma sendiri sama halnya dengan jenis kanker yang lain jika tidak di atasi dengan cepat dan tepat maka akan memperburuk kesehatan penderita dan bahkan bisa sampai meregang nyawa. Pengobatan melanoma sendiri sangat tergantung pada kondisi dan juga stadium yang pasien derita. Namun penanganan yang pertama di lakukan adalah tindakan operasi.

Pengobatan Dan Pencegahan Kanker Kulit Melanoma

Pengobatan kanker melanoma tergantung pada stadium yang sedang pasien derita. Dari sana, di ketahui sebarapa jauh kanker melanoma yang sudah menyebar ke kulit atau organ tubuh yang lainnya, sehingga tenaga medispun dapat memberikan penanganan yang tepat untuk penderita kanker melanoma tersebut. Untuk itu, sekarang kami akan memaparkan terlebih dahulu stadium kanker kulit melanoma.

  • Stadium 0: melanoma berada di permukaan kulit.
  • Stadium 1A: ketebalan melanoma kurang dari 1 mm.
  • Stadium 1B: ketebalan melanoma 1-2 mm atau kurang dari 1mm namun dengan luka atau keruksakan pada permukaan kulit.
  • Stadium 2A: ketebalan melanoma 2-4 mm atau1-2 mm namun disertai dengan keruksakan atau luka pada permukaa kulit.
  • Stadium 2B: Ktebalan melanoma mencapai lebih dari 4 mm atau 2-4 mm namun di sertai dengan permukaan kulit yang rusak.
  • Stadim 2C: ketebalan melanoma lebih dari 4 mm dan menimbulakan keruksakan pada kulit.
  • Stadium 3A: melenoma sudah menyebar ke satu hingga tiga noda limfa terdekat namun nodus tidak mengalami pembengkakan, tidak ada keruksakan pada kulit dan penyebaran belum terlalu jauh.
  • Stadium 3B: Permukaan kulitmelanoma terjadi kerusakan dan telah menyebar ke satu atau tiga nodus limfa namun tidak mengalami pembesaran. bisa juga melanoma menyebar ke sat atau tiga nodus limfa dan mengalami pembesaran. Ataupu melanoma sudah menyebar ke wilayah kecilkulit atau saluran limfatik selain nodus limfa.
  • Stadium 3C: Permukaan kulit yang terserang melanoma mengalami keruksakan dan dan sudah menyebar ke satu sampai tiga nods limfa serta mengalami pembengkakan.
  • Stadium4: sel-sel melanoma sudah menyebar ke organ tubh yang lein seperti paru-paru, otak dan bagian dario kulit.

Pengobatan kanker kulit melanoma

Berikut pengobatan yang dapat di lakukan pada penderita kanker melanoma.

1. Operasi

operasi merupakan tindakan paling utama yang di lakukan untuk pengobatan kanker melanoma. Namun oeras yang di lakukan tergantung stadim yang sedang di alami oleh pasien.

Stadium 1 kanker kulit melanoma

Operasi yang di lakukan oleh dokter bedah plastik untuk menangani melanoma stadium 1 akan di lakukan untuk mengangkat sel-sel melanoma dan sebagian kecil kulit di daerah sekitarnya. Sebelum pembedahan di lakukan pembiusan lokal, yang bertujuan agar di skeitar melanoma mati rasa dan anda tidak akan merasakan rasa sakit meski anda tetap sadar selama pembedahan itu berlangsung. Jika pembedahan tersebut meninggalkan luka yang mencolok, anda dapat melakukan operasi gabungan untuk mencangkokan kulit. Setelah dilakukan pembedahan, biasanya pada stadium ini tidak memerlukan penanganan lebih lanjut.

Stadium 2 dan 3 kanker kulit melanoma

Penanganan yang di lakukan pada stadium ini juga sama seperti penanganan yang di lakukan pada stadium1. Namun, apabila melanoma sudah menyebr ke nodus limfa, maka aka di lakukan operasi lanjutan untuk mengangkatnya, dan pembiusan totalpun di lakukan untuk operasi ini. Namun pengangkatan nodus limfa akan beresiko terhadap gangguan sistem limfatik anda, sepeti apat menyebabkan penimbunan cairan pada tubuh. Anda sangat di sarankan untuk tetap berkonsultasi ke dokter untuk pemulihan dan mewaspadai tentang tanda-tanda melanoma akan kambh kembali.

Stadium 4 kanker kulit melanoma

Melanoma stadium ini merupakan tahap yang terparah pada kanker kulit melanoma. Dan pada umumnya melanoma tahapa ini di bagi menjadi 2 kondisi:

  • Melanoma sudah tersebar ke seluruh bagian tubuh (metastatis)saat pertama di diagnosis.
  • Melamoma muncul kembali pada bagian tubuh yang lain setelah pengobatan sebelumnya.

Pada dua kondisi di atas, kemungkinan tidak harapan untuk bisa sembuh total. Penanganan yang di lakukan hanya untuk memperlambat penyebaran knker, mengurangi gejala yang di derita oleh pasien, dan juga memperpanjang masa hidup penderita. Pada tahap ini pembedahan akan di lakukan pada melanoma ynag muncul jauh dari tempat sel-sel melanoma pertama muncul. Selain itu, beberapa penangananpun akan di lakukan untuk untuk mengurangi efek dan gejala yang terjadi, sepeti pemberian obat-obatan dan juga radioterapi.

2. Radioterapi

Perawatan radioterapi dapat di lakukan untuk mengangkat nodus limfa setelah operasi dan juga untuk meringankan melanoma stadium tinggi. Radioterapi menerapkan radiasi dengan dosis terkontrol untuk membnuh sel-sel kanker. Namun prawatan ini menimbulkan berbagai macam efek amping seerti kelelahan, mual, hilang selera makan, rambut rontok, dan ruam-ruam pada kulit. Jika perlu anda dapat berkonsultasi dengan dokter masalah efek samping tersebut, dan biasanya dokterpun akan memberikan obat untuk menagkal efek samping tersebut. Namun, efek samping tersebut akan berurang sedikit demi sedikit seiring menjalani perawatan ini.

3. Obat-obatan untuk kanker melanoma

  • Kemoterapi, Penanganan ini di lakukan bagi penderita melanoma yang sudah mencapai stdium tinggi. Pada umumnya, kemoterapi di lakukan dengan tjuan utuk mengurangi rasa sakit akibat gejala yang di timbulkan melanoma pada stadium tinggi. Pengobatan jenis ini umnya menggunakan obat-obatan anti kanker dan sitotoskin yang berupa infusan atau tablet untuk membunuh sel kanker. Jenis pengobatan ini juga tidak luput dariefek samping yang di timbulakan, seperti infeksi, mual,muntah, kelelahan dan juga sariawan. Namun efek samping tersebut dapat di kendalikan dengan obat-obatan yang di resepkan oleh dokter.
  • Imunoterapi, Merupkan pengobatan yang memakai obat-obatan yang sudah berasal dari unsur yang ada di dalam darah secara alami. pemberian obat-obatan tersebut di lakukan melelui suntikan ke dalam pembuluh darah, di bawah kulit dan juga pada gumpalan melanoma. Efek samping juga kerap di timbulkan dari jenis pengobatan ini, di antaranya menyerupai gejala-gejala flu seperti demam, suhu tubuh tinggi, kelelahan dan nyeri pada bagian sendi.

Pencegahan kanker kulit melanoma

Ada beberapa tindakan yang dapat di lakukan sebagai upaya pencegahan terkena penyakit kanker melanoma, diantaranya adalah sebgai berikut.

  • Memeriksa kondisi tahi lalat, Periksakanlah tahi lalat anda ke dokter jika mengalami tanda-tanda melanoma. Karena diagnosa sejak dini akan membantu dalam meningkatkan pengobatanyang berhasil berhasil.
  • Hindari sinar matahari terutama ketika di puncak terpanas, yaitu ada pukul 11.00-13.00. Pastikan diri anda pada jam itu baerada di tempat yang teduh dan tutupi diri anda dengan pakaian yang tepat dan juga menggunakan tabir surya.
  • Berpakaian dengan tepat, terutama bagia nada yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, gunakanlah baju yang berlengan panjang, topi untuk melindungi wajah dan kulit anda, serta kacamata unntuk melindungi mata anda dari paparan sinar matahari langsung.
  • Gunakan tabir surya, ini juga dapat digunakan sebagai upaya pencegahan terkena kanker kulit melanoma. Pilihlah tabir surya yang mengandung kadar SPF (faktor pelindung sinar matahari), dan dapat menghadang radiasi sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) yang sesuai dengan jenis kulit anda.
  • Usahakan agar kulit tidak terbakar oleh sinar matahari, karena jika kulit sudah terkena dampak radiasi ultraviolet, Kemungkinan resiko terkena kanker kulit di masa deopan akan menjadi lebih tinggi akibat kulit seing terpapar radiasi.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pengobatan dan pencegahan kanker kulit melanoma pada kesempatan ini. Semoga apa yag telah kami informaikan pada artikel ini dapat bermanfaat untuk anda, dan sampai berjumpa kembali pada artikel yang berikutnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*