Pantangan Makanan Bagi Penderita Kelenjar Tiroid

Pantangan makanan bagi penderita kelenjar tiroid sebaiknya di ketahui sejak dini. Karena terdapat beberapa kemungkinan, jenis makanan ini dapat memperparah kondisi anda. Untuk itu, bagi anda yang ingin mengetahuinya, simak informasi selengkapnya hanya disini.

pantangan makanan bagi penderita kelenjar tiroidTiroid merupakan salah satu jenis kelenjar yang memiliki bentuk menyerupai kupu-kupu yang terdapat tepat di bawah jakun. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwasannya kelenjar ini dapat mengalami berbagai gangguan akibat terjadinya pembengkakan pada kelenjar akibat terinfeksi maupun lainnya. Dan sebagai akibatnya, terjadilah rendahnya hormon tiroid (hipotiroid) maupun melambung tingginya hormon tiroid (hipertiroid). Kondisi tersebut tentunya sangat mempengaruhi tubuh. Sebab hormon tiroid ini memiliki peranan penting dalam mengendalikan tubuh.

Maka dari itu, apabila anda kini mengalami beberapa beberap kelenjar tioid segeralah melakukan pengobatan. Salah satunya adalah dengan menggunakan obat kelenjar tiroid tradisional QnC Jelly Gamat. Namun selain dari pada itu, untuk mendukung tercapainya kesembuhan, anda juga perlu menghindari berbagai jenis pantangan makanan bagi penderita kelenjar tiroid yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Makanan yang mengandung asparatam
Jika anda menggunakan asparatam sebagai pemanis batan dalam makanan anda, aka sdebaiknya kini anda harus segera menghentikannya. Mengapa? bahan yang satu ini di kaitkan dengan penyakit graves dan juga banyak gangguan autoimun lainnya. Kehadiran bahan kimia yang terdapat di dalam asoparatam dapat menyebabakan reaksi imun di dalam tubuh. Sehingga tak jarang kondisi tersebut menyebabkan terjadinya produksi antiboditiroid dan juga peradangan tiroid.

2. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai
Di dalam kedelai, terdapat kandungan isoflavongoitrogen. Senyawa tersebut di yakini dapat mengganggu kemampuan kelenjar tiroid bekerja secara optimal untuk menyerap yodium. Mka dari itu, selama anda mengalami gangguan trioid harap hindari berbagai jenis makanan yang yang berbahan dasarkan kedelai sdeperti tahu, susu kedelai,  kecap, tempe dan bahanmakanan lainnya yang mengandung kedelai.

3. Makanan yang mengandung gluten tinggi
Gluten adalah goitroge. Selainitu, kandungan gluten juga dapat memicu respo autoimun dalam tubuh jika tubuh anda sensitif. Adapun makanan yang mengandung senyawa gluten tinggi di antaranya adalah gandum, barley, rye dan sebagai lainnya adalah makanan olahan lain.Untuk itu, hindari gluten dari diet anda.

4.Sayuran silangan
ini adalah sejenis sayuran seperti bunga kol, kubis brussel dan juga brokoliSayuran ini di percaya memiliki kandungan isothiocyanates yang goitrogen, yang mana dapat mempengaruhi kesehatan dan juga kerja kelenjar tiroid anda. Namun menurut beberapa ahli kesehatanpun memperhitungkan bahwasannya sayur silangan yang di masak dapat menghilangkan efek goitrogenik dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk memastikannya anda bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.

Selain dari pada itu hindari pula berbagai jenis makanan yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi, mengandung pemanis dan pewarna buatan, makanan bercitarasa pedas.

Nah, itulah beberapa pantangan makanan yang perlu anda hindari jika kini tengah menderita kondisi tersebut. Semoga apa yang kami telah sampaikan ada kesempatan kali ini bermanfaat bagi anda sekalian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*