Mengenal Gejala Dan Faktor Penyebab Lipoma

Penyebab lipoma di punggung, lengan, kepala, bahu dan juga leher sebaiknya di ketahui sejak dini agar kita bisa melakukan pencegahan maupun pengobatan sesegera mungkin dengan tepat. Lipoma sendiri merupakan sebuah tonjolan atau yang lebih tepatnya benjolan lemak yang sering kali terlihat pada bgian kulit dan sekitar otot.

PENYEBAB LIPOMAUntuk lebih mengenal penyakit yang satu ini, anda bisa menyimak uraian singkat seputar gejala dan penyebab lipoma berikut yang akan kami informasikan secara lengkap hanya untuk anda.

Mengenal gejala dan faktor penyebab lipoma

Adapun gejala lipoma, bisa anda kenali dari ciri-ciri berikut ini:
– Lipoma memiliki warna lebih pucat di bawah kulit.
– Lipoma pada umumnya memiliki diameter kurang dari 5 cm, namun ukurannya bisa bertambah lebih besar karena lipoma sendiri bisa tumbuh.
– Jika di tekan menggunakan jari, lipoma akan mudah bergerak, serta terasa lembek.
– Lipoma terletak di bawah kulit dan pada umumnya timbul di area punggung, paha, leher, lengan, perut dan juga bahu.
– Jika lipoma tumbuh semakin besar maka akan mengandung banyak pembuluh darah atau menekan saraf di sekitaranya sehingga dapat menimbulkan rasa sakit.

Lipoma juga bisa tumbuh semakin besar dan juga lebih dalam, namun kasus tersebut jarang terjadi. Jika tumbuh benjolan di daerah tubuh bagian manapun, segera temui dokter agar bisa mendapatkan penanganan secara tepat.

Selain lipoma, ada pula penyakit yang menyebabkan terjadinya benjolan di bawah kulit, namun benjolan tersebut berisi cairan berupa nanah yang penyakit tersebut adalah penyakit kista. Adapun beberapa perbedaan antara penyakit kista dan lipoma adalah sebagai berikut:
– Pada saat di sentuh benjolan lopoma akan terasa lunak, sedangkan kista akan terasa keras.
– Lipoma sendiri terletak di bawah kulit, sedangkan kista terdapat pada permukaan kulit.
– Lipoma tidak menyebabalan peradangan pada kulit sedanghkan  kista dapat menyebabakan kulit mengalami pembengkakan dan berwarna kemerahan.

Lalu apa penyebab penyakit lipoma sebenarnya?

Hingga saat ini penyebab lipoma belum di ketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor resiko yang di anggap menjadi penyebab timbulnya lipoma pada tubuh bayi,anak-anak maupun dewasa yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Adanya riwayat lipoma dalam keluarga. Jika salah satu dari anggota keluarga anda yang pernah menderita limpom, maka resiko anda mengalami lipoma pun lebih tinggi dari pada yang lainnya. Penyebabnya belum di ketahui, akan tetapi memiliki pengaruh yang sangat besar.

2. Usia. Oarang yang berusia antara 38 tahun hingga 62 tahun sangat memiliki resiko terkena lipoma lebih tinggi di banding anak-anak.

3. Penyakit adiposis dolorosa. Adalah sebuah penyakit langka yang terjadi pada wanita monopaus yang umumnya dapat menyebabkan tumbuhnya jaringan lipoma dalam tubuh.

4. Sindrom cowden. Adalah salah satu jenis sindrom  yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor hamartoma. Ini merupakan salah satu jenis tumor jinak yang tidak akan menjadi kanker meskipun benjolan semakin membesar. Lipoma bisa saja menjadi salah satu jaringan tumor yang bisa muncul di tubuh penderita.

5. Obesitas. Orang yang mengalami obesitas juga sangat rentan mengalami lipoma. Hal tersebut di picu akibat mereka terlalu sering mengonsumsi makanan secara berlibh sehingga meningkatkan kadar lemak dalam jaringan tubuh.

6. Gula darah tinggi. Orang yang memiliki kadar gula darah inggi seperti penderita diabetes juga kemungkinan dapat mengalami lipoma. Hal tersebut masih berkaitan dengan adanya penumpukan kadar gula darah dalam tubuh serta adanya resiko obesitas.

7. Kebiasaan mengonsumsi alkohol. Orang yang sering mengonsumsi alkohol pun juga dapat mengalami lipoma.Hal tersebut terjadi pada saat alkohol menekan tubuh untuk menyimpan lemak.

8. Cedera pada jaringan lunak. Orang yang pernah mengalami cidera atau terkena benda tumpul di bagian jaringan lunak juga bisa mengalami lipoma di kemudian hari.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar gejala dan faktor penyabab lipoma. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda. Adapun bagi anda yang kini tengah mencari pengobatan alternatif terbaik untuk menyembuhkan lipoma, kami juga memiliki rekomendasinya yaitu dengan obat lipoma alami untuk anak dan dewasa ampuh tanpa operasi. Informasi produk dan cara pemesanan lebih lengkapnya, anda bisa → Klik Disini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*