Mencegah Terkena Resiko Kanker Payudara

Mencegah terkena resiko kanker payudara -, Sangatlah miris jika mendengar kata ‘kanker’. Penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang sangatlah di takuti oleh semua orang di karenakan resikonya yang menimbulkan kematian. Salah satu jenis kanker adalah kanker payudara. Jenis kankrer ini belum di ketahui secara pasti. Sehingga pencegahan yang sepenuhnyapun masih sulit untuk di ketahui.

Baca juga: Penyebab Benjolan Pada Payudara Wanita

Mencegah Terkena Resiko Kanker Payudara
Mencegah Terkena Resiko Kanker Payudara

Nah untuk itu, kali ini saya akan memberikan informasi dari dunia kesehatan mengenai cara mencegah terkena resiko kanker payudara, yang akan kami suguhkan secara lengkap hanya untuk anda.

Mencegah Terkena Resiko Kanker Payudara

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat kita lakukan untuk menurunkan resiko kanker payudara. Berikut uraiannya :

1. Pencegahan resiko kanker payudara secara seorangan

Selain dapat menurunkan resiko kanker payudara, dengan menerapkan pola hidup yang sehat juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit yang lainnya. Langakah sederhana ini dapat di lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Menerapakan pola makan yang sehat dan seimbang, yaitu dengan mengurangi mengonsumsi¬† makanan yang banyak mengandung lemak.
  • Berolahraga secara teratur. Dengan selalu rajin berolahraga badan kitapun sehat dan juga dapat menurunkan resiko terkena kanker hingga 30 persen.
  • Menjaga berat badan yang sehat. Hal ini di peruntukan agi mereka yang mempunyai kelebihan dalam masalah berat badan terutama bagi wanita yang sudah mengalami masa monopause, karena kelebihan berat badan dapat memicu meningkatnya produksi hormon estrogen dalam tubuh.

Penelitian mengungkap, bahwa selain dengan pola hidup yang sehat wanita yang pernah menyusui memiliki resiko lebih rendah untuk terkena kanker payudara. Hal itu di duga di sebabkan karena masa ovulasimereka menjadi tidak rutin sehingga menyebabkatingkat hormon estrogen tetap sabil.

2. pencegahan kanker payudara secara klinis

Selain dapat di cegah dengan penanganan sendiri, ada juga beberapa penanganan untuk menurunkan resiko kanker payudara bagi wanita yang dengan resiko terkena kanker di atas rata-rata. Beberapa jenis penanganan utamamnya akan di uraikan sebagai berikut.

:: Penanganan dengan obat-obatan

obat-obatan juga dapat mencegah resiko terkena kanker terutama bagi wanita yang beresilko tinggi terkena kanker di atas rata-rata. jenis obat yang dapat mencegah terkena resikokanker tersebut adalah tamoksifen dan raloksifen.

  • Tamoksifen dapat di konsumsi oleh wanita yang sudah ataupun belum mengalami monopause.
  • Raloksifen hanya dapat di konsumsi oleh wanita yang sudah mengalami monopause saja.

Namun, kedua obat tersebut sangat tidak di anjurkan bagi mereka yag pernah atau memiliki penggumpalan darah atau kanker rahim. Karena kedua obat ini memiliki efek samping mempengaruhi perkembangan janin. Sehingga bagi mereka yang ingin memiliki anak, biasanya dokter menganjurkan untuk tidak mengkonsumsi oabat tersebut dua bulan sebelum menoba untuk hamil. Selain itu, efek samping dari kedua obat ini adalah meningkatkan penggumpalan darah, sehingga jika anda akan menjalankan proses operasi sebaiknya berhenti mengkonsumsi obat tersebut enem minggu sebelum operasi.

:: Mastektomi

Merupakan operasi pengangkatan seluruh payudara yang mengangkat jaringan payudara sebanyak mungkin, sehingga dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara hingga 90 persen. Mastektomi ini biasnya di gunakan untuk menangani kanker payudara, namun bisa juga di gunakan untuk menurunkan resiko dai wanita anag mempunyai riwayat kesehatan keluarga beresiko tinggi terkena kanker payudara.

Namun, proses operasi ini tetap memiliki resiko komplikasi. Selain itu, pengangkatan payudara juga dapat menurunkan kepercayaan diri pasien secara signifikan.

Dan untuk meningkatkan kepercayaan diri kembali pada pasien setelah melakukan mastektomi, pasien dapat melakukan operasi plastik rekontruksi payudara  yang dapat di lakukan bersamaan atau setelah mastektomi, ataupun menggunakan payudara palsu yang dapat anda gunakan ke dalam baju dalam anda.

Baca juga artikel menarik lainnya:

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*