Gejala Awal Gangguan Kelenjar Tiroid

Gejala awal gangguan kelenjar tiroid ada baiknya di ketahui dan di waspadai sejak dini. Karena banyak sekali dari pada masyarakat yang tidak menyadari kondisi tersebut lebih awal. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang baru mendapati kondisi ini setelah tanda gejala kelenjar tiroid lebih kronis dan melakukan tindakan operasi. Hal tersebut di karenakan, ketidak tahuan mereka, sehingga pada saat gejala mulai timbul mereka tidak menanganinya dengan segera karena menganggap hal tersebut adalah masalah kondisi kesehatan ringan. Meski kini telah hadir obat kelenjar tiroid tradisional, tapi mencegah lebih baik dari pada mengaobati bukan? Untuk itu, Anda bisa mulai mewaspadai kondisi tersebut dengan menyimak informasi berikut ini.

tiroid 3Pada dasarnya, pada saat seseorang mengalami gangguan kelenjar tiroid, tentu kondisi ini karena sangat mempengaruhi kesehatan. Tiroid sendiri adalah salah satu kelenjar berbentuk kupu-kupu yang letaknya tepat berada di bawah jakun. Kelenjar ini sendiri bertugas mengatur berbagai sistem metabolisme tubuh dalam tubuh sehingga peranannya sangat baik bagi kesehatan kita. Namun, terkadang berbagai masalah atau gangguan kesehatan terjadi pada kelenjar yang satu ini.

Secara garis besar, gangguan tiroid sendiri terbagi ke dalam 2 bagian yaitu Hipertiroidme (kelebihan hormon tiroid) serta hipotiroidisme (kekurangan hormon tiroid), yang kedua kondisi tersebut dapat menjadi ancaman berbahaya dan menimbulkan berbagai komplikasi jika tidak segera di tangani dengan baik.

Tanda dan gejala awal gangguan kelenjar tiroid yang perlu di waspadai

Seperti yang di lansir dari laman blodsky, ada beberapa tanda maupun gejala klinis kelenjar tiroid yang perlu anda waspadai seperti berikut ini.

1. Adanya pembengkakan di leher
Terjadinya pembengkakan atau pembesaran pada leher adalah salah satu gejala utama dari gangguan tiroid. Benjolan ini biasanya tumbuh di dalam kelenjar tirid yang terletak pada leher di bagian samping.

2. Terjadinya Kenaikan atau penurunan berat badabn secara drastis
Gejala umumnya lainnya yang terjadi pada saat seseorang mengalami gangguan kelenjar tiroid adalah adanya penurunan ataupun peningkatan bobot tubuh secara drastis. Pada umumnya saat berat badan baik yang di sertai gejala gangguan tiroid lainnya, menandakan seseorang mengalami hiptiroid atau rendahnya kadar kormon tiroid. Namun sebaliknya, pada saat berat badan mengamai peningktan secara drastis, maka pertanda dari hipertiroidisme atau tinggi kadar hormon tiroid di dalam tubuh.

3. Kerontokan pada rambut secara tiba-tiba
Pada saat anda mendapati rambut anda rontok secara tiba-tiba, maka biisa menjadi pertamda bahwa hormon tiroid dalam tubuh anda tidak bekerja dengan baik. Dan kondisi itu pula bisa menjadi ciri bahwasannya anda telah mengalami gangguan tiroid.

4. Kedingan dan kepanasan
Ketidakseimbangan yang terjadi di dalam kelenjar tiroid dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mengatur suhu. Sehingga, terkadang anda bisa mrada tubuh benar-benar panas dan dan kemudian menjadi kedinginan secara tiba-tiba. Pada umumnya kondisi hipertiroid dapat membuat anda merasa kedinginan, sedangkan pada kasusus hipertiroid menyebabkan tubuh penderitanya mengalami kepanasan dan menyebabkan tubuh berkeringat secara berlebihan.

5. Sering mengalami kelelahan
Apakah anda sering kali mengalami kelelahan meskipun telah mendapatkan waktu istirahat yang cukup selama 8 jam? Harap hati-hati, karena hal tersebut juga sering kali menjadi pertanda seseorang mengami gangguan kelenjar tiroid. Bahkan tidur siang lebih dari sekalipun bisa menjadi pertanda kondisi ini.

6. Perubahan mood
gejala awal gangguan kelenjar tiroid lainnya adalah terjadinya perubahan mood san juga energi. Seperti halnya pada kondisi hipertiroid yang membuat anda merasa lelah, sedang pada kondisi hipotiroid menyebabkan anda mengalami kegelisahan dan gangguan tidur.

7. Sikslus haid terganggu
Gejala yang satu ini merupakan gejala kelenjar tiroid pada wanita yang masih dalam masa produksi dan belum memeasuki masa menopause. Bahkan hal tersebuit sering di sertai dengara nyeri menstruasi. Jika tidak segera terdiagnosis, maka kondisi ini dapat menimbulkan masalah pada kesuburan.

8. Tubuh mengalami masalah
Banyak hal yang menandakan terjadinya kelenjar tiroid lainnya seperti halnya tubuh menjadi mudah kering, kuku rapuh dan lemah, tangan sering mengalami kesemutan, kulit bengkak dan merah.

9. Adanya masalah pada usus
Beberapa masalah pada usus sering kali di kaitkan dengan gjala kelenjar tiroid seperti halnya sembelit yang berkepanjangn sering kali di kaitkan dengan kondisi hipotiroid, sedangkan diare atau Irritable Bowel Syndrom (IBS) sering kali di kaitkan dengan gejala hipertiroid.

10. Masalah otot san sendi
Beberapa masalah otot dan sendi tidak selalu di sebabkan setelah melakukan aktivitas yang berat melainkan juga terjadinya gangguan pada tiroid. Seperti halnya nyeri tulang, nyeri otot dan pergelangan kaki, adalah sebagian dari gejala ketidakseimbangan tiroid di dalam tubuh.

Bila anda mengalami beberapa gejala awal gangguan kelenjar tiroid tersebut, ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi anda ke dokter agar diagnosis dan pengobatan bisa dilakukan secepat mungkin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*