Cara Merawat Payudara Agar Terhindar Dari Kanker

Cara merawat payudara berikut sebaiknya di ketahui oleh kaum hawa yang ingin memelihara payudaranya, agar tetap sehat, indah kencang dan terpenting dapat terhindar dari yang namanya kanker payudara. Untuk itu, langsung saja simak informasi berikut ini.

cara merawat payudaraKanker payudara adalah salah satu jenis kanker pembunuh no ke dua bagi wanita setelah kanker serviks. Bahkan 9 dari 10 wanita bersedia merubaha pola hidupnya menuju yang lebih sehat untuk mengurangi resiko kanker payudara. Sebenarnya masih banyak di btuhkan penelitian untuk memahami kanker payudara dan penyebabnya secara menyeluruh. Namun terdapat beberapa langkah perawatan tertentu bagi setiap wanita yang dapat membantu mengurangi kemungkinan anda terserang kanker payudara.

Langkah-langkah dan cara merawat payudara agar terhindar dari kanker payudara

Berikut adalah tips dan juga cara merawat payudara, yang mana dapat mengurangi angka resiko terjadinya kanker payudara, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Rutin memeriksa payudara sendiri

Lebih dari pada 90% tumor payudara terdeteksi oleh wanita itu sendiri. Sehingga mengawasi adanya perubahan pada payudara adalah salah satu bagian penting dari pada perawatan kesehatan pada setiap wanita. Perhatikan juga seandainya terdapat perubahan pada payudara anda. Seperti halnya adanya benjolan, di sertai rasa sakit dalam jangka panjang, dan lainnya. Anda bisa mengunakan cermin untuk memeriksa kondisi payudara anda.

Untuk itu, mulai saat ini ada baiknya anda selalu menyempatkan diri untuk memeriksa payudara anda anda sendiri sehingga apabila ada hal yang terlihat tidak normal di payudara anda, anda bisa langsung mengkonsultasikannya pada dokter.

2. Menyusui

Menyusui adalah salah salah tips yang mana dapat menurunkan resiko anda terkan kanker payudara. Pendapat ini sendiri di dasrkan pada teori bahwa kanker payudara berkaitan dengan hormon estrogen. Bahkan banyak peneliti yang percaya bahwasannya banyak tubuh yang terpapar hormon estrogen, maka semakin besar pula ia memiliki resiko kanker payudara. Maka dari itu, bagia anda yang kini baru saja melahirkan, kami sangat menyarankan anda memberikan ASI eksklusif, sehingga dapat mengurangi kadar estrogen wanita, yang mana merupakan salah satu penyebab kanker payudara.

3. Hindari mengonsumsi alkohol

Memiliki gaya hidup tak sehat menyebabakan beberapa jenis penyakit dapat dengan mudah menyerang tubuh anda. Bahkan tidak menutup kemungkinana dapat membantu terjadinya perkembangan sel kanker payudara. Seperti halnya engonsumsi alkohol. Alkohol sendiri telah di kaitkan dengan kanker payudara dalam sejumlah studi. Bahkan para peneliti mempercayai ini mungkin karena fakta bahwa alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen.

4. Menjaga berat badan ideal

Obesitas nyatanya adalah salah satu dari faktor yang juga dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Peneliti sendiri menemukan bahwa wanita yang naik 22-25kg setelah berumaur 18ntahun memiliki 40% lebih tinggi terkena kanker payudara. Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda menjaga kesehatan terutama menjaga kesimbangan berat badan.

5. Olahraga

Olahraga juga merupkan salah satu perawatan yang dapat mengurangi resiko terkana kanker payudara. Hal tersebut berdasrakan penelitian yang menyatakan bahwasannya semakin sedikit anda berolahraga, maka semakin tinggi pula tingkat estrogen di dalam tubuh. Setengah jam latihan yang rutin tiga kali seminggu baik untuk kesehatan juga dapat menurunkan resiko kanker payudara.

6. Cari tahu riwayat keluarga

Jika anda mengetahui bahwasannya anda memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara, maka anda harus lebih waspada. Hal tersebut kemungkinan dapat meningkatkan resiko kanker payudara yang anda miliki menjadi 2x lipat. Kanker payudara sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang juga dapat di sebabkan oleh faktor genetik. Bahkan di perkirakan 1 dari 500 orang membawa gen yang rusak yang dapat membuat mereka rentan terhadap penyakit, termasuk kanker payudara.

7. Periksakan payudara anda secara rutin

Jika anda sebelumnya pwernah memiliki riwayat kanker payudara, maka anda bisa langsung secara rutin berkonsultasi pada dokter agar anda terhindar dari pnyakit kanker payudara kembali. Namun sebenarnya tidak hanya berlaku bagi anda yang sebelumnya memiliki riwayat kanker melainkan jugauntuk semua wanita sangat penting untuk memeriksakan kesehatan payudara anda, terlebih bagi anda yang telah memasuki usia 40 tahun ke atas. Hal ini mengingat fakta yang terjadi sekitar 80% dari kasus kanker payudara terjadi pada wanita yang berusia 50 tahun ke atas.

Nah, itulah beberapa tips dan cara merawat payudara agar tetap sehat dan bisa terhindar dari ancaman penyakit ganas seperti halnya kanker payudara. Semoga apa yang kami sampaikan pada ksempatan kali ini bermanfaat dan menjadi wawasan bagi kita semua.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*