Berbagai Penyebab Kanker Otak Pada Anak

Penyebab kanker otak pada anak mungkin belum banyak yang mngetahuinya. Padahal, jenis kanker ini sendiri merupakan salah satu deretan kanker yang sering kali menyerang anak-anak. Dan agar kita bisa lebih mewaspadainya sedari dini, ada baiknya anda mengetahui berbagai penyebabnya dengan menyimak ulasan singkat berikut ini.

penyebab kanker otakKanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang bisa saja menyerang semua golongan usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Jenis kanker pun bermacam-macam tergantung bagian tubuh yang terinfeksi sel kanker seperti halnya kanker payudara, kanker rahim, kanker kelenjar getah bening, knker ovarium, kanker serviks hingga kanker otak.

Dan jenis kanker atau tumor yang umumnya sering berkembang pada anak adalah tumor otak. Dan anak laki-laki terbilang bersiko mengalami kanker otak, jika di bandingkan dengan anak perempuan. Dan sejauh ini, para ilmuwan masih mengembangkan penelitian, untuk mencari tahu pemicu kanker otak terlebih yang terjadi pada anak. Adapun berbagai ciri-ciri kanker otak pada setiap penderitanya akan berbeda beda, tergantung jenis stadium yang di derita.

Berbagai penyebab kanker otak pada anak

Seperti halnya yang di lansir dari onlymyhealth, setidaknya ada 5 faktor yang dianggap sebagai penyebab utama kanker otak terlebih pada anak, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Memiliki kelainanan gen
Beberapa kelainan pada genĀ  dapat menyebabkan ptumbuhan sel yang tidak terkendali, yang pada akhirnya bisa meicu timbulnya sel kanker. Penyusunan ulang kromosom juga menyebabkan gen abnormal.

2. Terdapat kondisi genetik tertentu
Adanya kondisi genetik tertentu, seperti halnya neurofibromatosis dan sindrom retinanolastoma juga dapat menyebabkan kanker otak dengan mengubah gen atau kromosom.

3. Riwayat keluarga
Anak yang memiliki riwayat keluarga yang mengalami tumor ataupun kanker otak sangat beresiko mengembangkan tumor pada sistem saraf pusat.

4. Paparan bahan kimia
Sejauh ini, di ketahui beberapa bahan kimia mampu untuk mengubah struktur gen yang melindungi tubuh terhadap penyakit jantungh dan juga kanker. Mereka yang bekerja di kilang minyak , pabrik kimia dan laboraturium nuklir, beresiko lebih tinggi terkena kanker. Resuiko tersebut juga mungkin dapat terjadi pada anak-anak mereka.

5. Terapi radiasi
Anak-anak yang mendapatkan terapi radiasi pada kepala akibat penyakit tertentu yang di deritanya, juga dapat meningkatkan resiko pertumbuhan tumor pada otak. Tumor di otak tersebut dapat menyebabkan stres dan keruksakan di daerah sekitarnya. Dan kondisi tersebutlah yang kemudian berkembang menjadi kanker.

6. Infeksi virus dan alergen
Infeksi virus Epstein Barr (EBV) di ketahui dapat mempengaruhi peningkatan resiko limfoma. EVB sendiri di kenal sebagai virus penyebab mononucleosis. Dan dalam penetlitan lainnya, virus tingkat tinggi yang di sebut dengan cytomegalovirus (CMV) telah di temukan pada jaringan tumor otak namun asti dalam temuan ini masih dalam tahap penelitian.

Beberapa jenis virus lain juga telah terbukti m,enyebabakan tumor otak yang di lakukan dalam percobaan pada hewan . Namun, di samping itu masih di perlukannya banyak data untuk mengetahui apakah paparan infeksi virus tersebut dapat menjadi pemicu kanker otak atau tidak.

Nah, itulah berbagai penyebab kanker otak pada anak yang juga tak menutup kemungkinan juga dapat meningkatkan resiko kanker otak pada dewasa. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan menjadi acuan untuk anda agar lebih bisa waspada terhadap penyakit yang mematikn ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*