Benjolan Di Lipat Paha Dan Pusar Bayi

Benjolan di lipat paha dan pusar bayi -, Selamat bergabung kembali dengan kami. Kali ini kami akan memberikan informasi dari dunia kesehatan mengenai benjolan di lipat paha dan pusar bayi, yang akan kami sajikan selengkap mungkin hanya untuk anda.

Benjolan di lipat paha dan pusar bayi

Benjolan Di Lipat Paha Dan Pusar Bayi
Benjolan Di Lipat Paha Dan Pusar Bayi

Apakah anda menemukan benjolan di lipat paha ataupun pusar anak anda? Bisa jadi itu gejala awal hernia. Tak hanya menyerang dewasa dan manula, Herniapun juga menyerang anak-anak dan bayi. Bila tidak di atasi dengan cepat dan penanganan yang tepat maka penyakit inipun bisa berbahaya dan bahakan menimbulkan komplikasi yang berat hingga kematian.

Hernia merupakan bentuk penonjolan isi suatu rongga melalaui suatu bagian yang lemah dari rongga tersebut. Hernia bukanlah penyakit turunan. Pada orang dewasa, hernia terjadi karena kelemahan otot dinding perut. Sedangakan pada bayi, hernia terjadi di bawah perut akibat penyakit bawaan atau kongenital.

Secara umum hernia pada bayi adalah hernia umbikikus dan hernia inguinalis. Kedua jenis hernia tersebut tidak berbahaya. Namun, apabila tidak di tangani denan cepat maka akan menyebabkan dampak yang buruk di kemudia hari.

Baca juga: Benjolan Di Leher Dan Penyebabnya

Hernia Umbilikus pada bayi

Kondisi ini umumnya terjadi pada bayi lahir prematur atau memiliki berat badan rendah ketika di lahirkan, akibat otot-otot perut bayi yang gagal bersatu sehingga meninggalkan cela untuk organ dalam untuk menonjol keluar. Selain menyerang bayi laki-laki, jenis hernia ini umumnya lebih sering menyerang bayi perempuan.

Pada dasarnya jenis hernia ini tidak sakit danĀ  tidak berbahaya, sehingga tonjolan inipun bisa hilang dengan sendirinya dan tidak memerlukan penanganan medis. Biasanya tonjolan ini hilang sebelum bayi berusia 1 tahun. Namun ada pula yang masih memilikinya hingga usia 5 tahun.

Ciri-ciri bayi yang memiliki jenis hernia ini adalah terdapat benjolan lunak pada puusar atau terlihat membengkak, terutama jika sang bayi menengis, batuk atau mengejan pada saat buang air besar.

Hernia inguinalis pada bayi

Jenis hernia ini dapat menyerang bayi perempuan terlebih bayi laki-laki yang lahir prematur. Jenis hernia ini di sebabkan oleh sebagian usus yang menjulur dari rongga perut bawah dan mencuat ke daerah sekitar alat kelamin.

Bayi laki-laki yang terserang jenis hernia ini, biasanya terdapat benjolan sebesar ibu jari pada selangkangan atau kantong zakar bayi. Terutama terlihat jelas ketika dia menangis dan bergerak aktif. Sedangkan pada bayi perempuan akan terlihat benjolan berbentuk persegi panjang pada selangkangan atau labia. Si kecil berisiko terserang hernia jenis ini jika keluarganya memiliki riwayat hernia ini sebelumnya.

Pengobatan hernia pada bayi

Jika anda melihat bahwa si kecil memiliki ciri-ciri hernia, segeralah bawa si kecil ke dokter. Dokter akan memeriksa sekaligus memastikan apakah benjolan tersebut hernia atau bukan.

Jika bayi anda di diagnosis terkena hernia umbilikus, maka anda tidak perlu hawatir, karena biasanya jenis hernia tersebut bisa hilang dengan sendirinya. Namun apabila tonjolan itu tidak hilang sampai si kecil berusia 5 tahun, ataupun tonjolan tersebut menyakiti bayi anda seperti tonjolan tersebut di iringi oleh pembengkakan parah ataupun teksturnya berubah menjadi keras, maka jalan satu-satunya yang dapat di tempuh adalah operasi.

Berbeda lagi jika bayi anda di diagnosis oleh dokter terkena hernia inguinalis. Tonjolan hernia jenis ini hanya akan dapat hilang dengan cara operasi. Operasi tersebut bertujuan agar tonjolan tidak bertambah besar, Bertekstur keras, dan menghitam. Jika di biarkan, herni ahenis ini akan merusaka jaringan pada tubuh secara permanen.

Berbeda dengan oang dewasa, bayi belum bisa mengatakan jika ada bagian tubuhnya yang tidak normal. Untuk itu, anda di tuntut untuk harus telaten memperhatikan kondisi si kecil, salah satunya dengan mendeteksi hernia pada bayi. Selain itu, pantau terus perkembangan tubuh buah hati anda, jika anda measa ada yang mengganjal pada tubuh buah hati anda segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga artikel menarik lainnya:

One thought on “Benjolan Di Lipat Paha Dan Pusar Bayi

  1. Dimulaja80@gmail.com Bukitpunai

    Dok saya mau tanya,,anak saya baru lahir 2hari yg lewat,,,,ada benjolan di paha anak saya, sebesar telur, warna hijau, dan kayak na urat2 na nampak jelas dok,,,,tolong di jelasin dok, ap penyakit na,,,,warnanya hijau, kayak ad nanah gitu dok, cman lembut dok,,,di blng bisul, gk bisul do,, soalnya setau saya klau bisul ad matanya dok,,,,tolong di jelasin penyakit apa dok???

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*