Bahan Alami Untuk Mengatasi Penyakit Kelenjar Tiroid

Bahan alami untuk mengatasi penyakit kelenjar tiroid -, Kelenjar tiroid merupakan salah satu bagian tubuh yang mana memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan tubuh. Namun, tak jarang bagian tubuh yang satu inipun mengalami masalah.

bahan alami untuk mengatasi penyakit kelenajr tiroidSelain dengan pengobatan gangguan kelenjar tiroid secara medis, nyatanya cara mengobati kelenjar tiroid pun dapat di lakukan secara alami yang di antaranya dengan memanfaat beberapa bahan alami yang ada di sekitr kita. Adapun beberapa bahan alami tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Daun sambiloto

Bahan alami untuk pengobatan gangguan kelenjar tiroid yang pertama dalah dengan menggunakan daun sambiloto. Bahan herbal yang satu ini telah terkenal dala kemamapuannya dalam mengatasi berbagai jenis penyakit yang salah satunya adalah ganguan kelenjar tiroid. Di dalamnya terkandung berbagai senyawa fitokimia terutama antiseptik alami berupa andropolida, neoandrografolifolida dan dehidroandrofollida. Adapun cara pengolahnnya adalah sebagai berikut:

– Bahan: temu putih 30 gram, dan 10 gram sambiloto kering, air 600 ml.
– Cara pengolahan: rebus temu putih dan daun sambiloto dengan air hingga hanya tersisa setengahnya. Minum ramuan tersebut 2 kali dalam sehari.

2. Daun dewa

Cara mengobati gangguan kelenjar tiroid lainnya secara alami adalah dengan menggunakamn daun dewa yang di kombinasikan dngan benalu teh. Di dalam daun dewa terkandung berbagai unsur senyawa yang dapat mempercepat proses penyembuhan yang di antaranya seperti flavonoid, alkaloid, sterol tak jenuh, triterpen, karotenoid dan saponin. Berbagai yang tak hanya dapat meredakan gejala melainkan juga sangat efektif dalam mencegah sel kanker tiroid terjadi. Adapun dalam benalu teh juga mengandung berbagai senyawa yang hampir sama dengan daun dewa, terlebih sama sebagai antiinflamasi yang mana dapat mecegah pembengkakan lebih besar pada kelenjar tiroid. Adapun cara pengolahan:

– Bahan: daun dewa segar 300 gram, daun benalu teh 30 gram dan air dan 700 ml.
– Pengolahan: rebusa kesemua bahan hingga airnya hanya tersisa setengahnya, dan kmudian konsumsi secara rutin 2x sehari secara teratur.

3. Akar daruju

Menurut sebuah penelitian, akar daruju memiliki kandungan senyawa berupa flavone dan juga sam amino yang sangat efektif sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa penyakit yang salah satunya adalah gangguan kelenjar tiroid. Kandungan tersebut mampu untuk mengecilkan ukuran kelenjar tiroid yang membengkak. Adapun cara memanfaatkannya adalah sebagai berikut:

– Bahan: 30-60 gram akar daruju kering.
– Cara pengolahan:  rebus akar daruju kering tersebut dengan menggunakan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum ramuan tersebut 2x sehari di pagi dan sore hari.

4. Akar jarong

Kandungan antiinflamasi yang terdapat di dalamnya di percaya mampu meredekan sekaligus mengurangi pembengkakan kelenjar tiroid. Cara memanfaatkannya:

– Bahan: akar jarong 30 gram, air dua gelas
– Pengolahan. Rebus akar jarong dengan menggunakan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum air rebusan akar jarong tersebut sebanyak 2x sehari.

5. Tanaman ciplukan

Tanaman liar yang mudah kita temukan di pinggir jalan maupun di persawahan ini ternyata juga bisa menjadi bahan alami untuk mengatasi pe yakit kelenjar tiroid. Ternyata salah satu tanaman obat herbal ini memiliki banyak sekali kandungan bermanfaat di dalamnya diantaranya adalah antibakteri, antiinflamasi, alkaloid, analgesik vitamin C, asam palminat dan masih banyak lagi. Adapun cara memanfaatkannya adalah sebagai berikut:

– Bahan: 9-15 gram tanaman ciplukan dan 4 glas air.
– Cara pengolahan: Sete;ah anda mencuci bersih tanaman cioplukan tersebut, kemudian rebus dengan menggunakan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Lalu konsumsi air tersebut secara tertutr 2 kali sehari.

6. Bunga sepatu

Mungkin tak ada yang menduga sebelumnya, bahwa bunga sepatu juga dapat mengobati gangguan kelenjar tiroid. Di dalamnya terkandung berbagai senyawa seperti flavonoid, cyanidine diglucosid, saponin, polifenol dan masih banyak lagi yang lainnya. Adapun cara pemanfaatannya adalah sebagai berikut:

– Bahan: bunga sepatu30 gram dan air 400 ml.
– Pengolahan: Rebus bunga sepatu tersebut menggunakan air 400 ml, kemudian angkat hingga tinggal tersisa setengahnya

7. Lobak
Mungkin anda menganal lobak hanya sebagai sayuran biasa. Namun nyatanya lobak sendiri bisa di jadikan sebagai salah satu bahan alami dalam mengatasi gangguan tiroid. Hal tersebut di karenakan di dalamnya terkakandung berbagai senyawa efektif yang dapat mengatasi masalah tiroid seperti halnya btakaroten, minyak atsiri, niasin, kolin, mangan, kalsium serta fosfor. Adapun cara memanfaatkannya adalah sebagai berikut:

– Bahan: 2 batang lobak, setengah genggam rumput laut,  dan daun dewa sebanyak 15 lembar.
– Cara pengolahan: Rebus kesemua bahan alami tersebut dengan menggunakan 6 gelas, dan angkat setelah tersisa setengahnya. Anda bisa mengonsumsi 3x sehari dan satu gelas setiap kali meminumnya.

8. Belimbing wuluh

Baghan alami yang satu ini juga bisa di manfaat dalam pengobatan luar gangguan kelenajr tiroid. Khasiatnya sendiri dapat meredakan pembengkakan dan rasa sakit akibat gangguan kelenjar tiroid tersebut. Di dalamnya terkandung berbagai senyawa berkhasiat seperti halnya vitamin C, glukosid, asam folat dan masih banyak lagi yang lainnya. Adapun cara memanfaatkanya adalah sebagai berikut:

– Bahan: Belimbing wuluh, bawang merah
– Cara pengolahan: Tumbuk halus kedua bahan alami tersebut kemufdian balurkan pada bagian kulit yang terasa bengkaka akaibat kelenjar tiroid tersebut.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar bahan alami untuk mengatasi penyakit kelenjar tiroid. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru kepada kita semua.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*